Breaking News
Pemutkahiran Data Pemilih Berkelanjutan

Pemutkahiran Data Pemilih Berkelanjutan

KPU K11102740_1422052051444959_3907813655232241095_narimun akan melaksanakan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan setelah seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada Karimun 9 Desember 2015 selesai dengan berpedoman pada Surat Edaran KPU RI nomor 176/KPU/IV/2016 yang memerintahkan seluruh KPU kabupaten/kota  melaksanakan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan.

Ketua Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Karimun, Samsir, mengungkapkan bahwa dalam melaksanakan kegiatan tersebut, akan mencermati sumber data yang menjadi dasar  pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan, yaitu :

  1. Pertama, data pemeliharaan daftar pemilih pemilihan sebelumnya. Maksudnya, pemilih yang telah dicoret dari DPT karena tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih, sehingga harus dikeluarkan dari DPT atau DPT Tambahan 1
  2. Kedua, Daftar Pemilih Tambahan 2 (DPTb-2) pemilihan sebelumnya. Ini adalah jenis pemilih yang pada saat pemungutan suara pemilihan sebelumnya menggunakan KTP/KK/Paspor sesuai dengan domisili karena tidak terdaftar di DPT dan DPTb-1.
  3. Ketiga, data mutasi penduduk yaitu data pergerakan penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih baik yang datang ataupun keluar dari wilayah. Data mutasi keluar digunakan untuk mencoret pemilih. Sedangkan data mutasi masuk digunakan untuk menambahkan pemilih.
  4. Keempat, laporan langsung. Pemilih yang berdomisili di Kabupaten Karimun dapat melaporkan diri atau keluarganya ke KPU Karimun untuk memerbaiki data atau pindah keluar/masuk yang dibuktikan dengan identitas kependudukan dan mengisi formulir.

Hasil pemutakhiran data pemilih akan langsung dilakukan updating pada sistem informasi data pemilih (SIDALIH). Pemutakhiran ini akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan, dengan tujuan agar pada saat Pemilu atau Pemilihan, daftar pemilih sudah ada perbaikan dan tinggal melakukan perbaikan terhadap  perubahan yang terjadi.

KPU Karimun menghimbau kepada seluruh stake holder dan masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan ini. Hal ini sangat diharapkan agar ke depannya permasalahan DPT tidak lagi akan menjadi sumber sengketa. “Kita sangat mengharapkan dimasa yang akan datang DPT di Kabupaten Karimun benar-benar akurat”, tutup Samsir.

Share this:

About admin

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG
Perbesar Huruf
Pilihan Warna Kontras