Breaking News
KPU Karimun Secepatnya Umumkan Dana Kampanye Pilkada

KPU Karimun Secepatnya Umumkan Dana Kampanye Pilkada

Karimun (Antara Kepri) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, secepatnya mengumumkan dana kampanye tiga pasangan calon yang bertarung dalam pilkada 9 Desember 2015.

“Besok atau paling lambat lusa akan kami umumkan,” kata Ketua KPU Karimun Ahmad Sulton di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Ahmad Sulton mengatakan, Kantor Akuntan Publik yang ditunjuk KPU Karimun telah melakukan audit terhadap Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) tiga pasangan calon, sejak 7 Desember 2015.

Hasil audit tersebut, menurut dia, telah diserahkan auditor Kantor Akuntan Publik sehingga pihaknya bisa secepatnya mengumumkannya kepada khalayak ramai.

“Sesuai tahapan Pilkada, hasil audit dana kampanye dilaksanakan pada 23 Desember,” kata Ahmad Sulton.

Dia menjelaskan, audit LPPDK peserta pilkada serentak 2015 merupakan amanat Peraturan KPU No 8 tahun 2015 tentang Tahapan Pilkada.

Menurut dia, audit dana kampanye tidak hanya untuk menelusuri uang keluar masuk calon bupati dan wakil bupati serta untuk memastikan dana kampanye sesuai dengan ketentuan.

“Pilkada memang telah selesai, tapi pasangan calon yang tampil sebagai pemenang bisa dianulir jika LPPDK yang telah diaudit menunjukkan adanya pelanggaran,” kata dia.

Audit dana kampanye bertujuan untuk transparansi dan memastikan dana yang diperoleh setiap pasangan calon bukan dana hasil korupsi, pencucian uang atau dana hasil tindak kejahatan lainnya.

Dia mengatakan, ketiga pasangan calon telah mematuhi ketentuan tentang pelaporan dana kampanye, dan dia juga berharap tidak ada pasangan calon yang memperoleh dana kampanye secara tidak sah.

Tiga pasangan calon yang bertanding dalam Pilkada Karimun, yaitu pasangan nomor urut 1 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim, nomor urut dua Agusriono-Ahmad Darwis dan nomor urut tiga Raja Usman Azis-Zulkhainen.

Berdasarkan rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPU Karimun pada Kamis (17/12), pasangan Aunur Rafiq-Anwar Hasyim memperoleh suara terbanyak dengan 70.425 suara atau 78,40 persen dari total pemilih dalam DPT yang berjumlah 173.901 orang.

Pasangan nomor urut dua Agusriono-Ahmad Darwis meraih 5.062 suara atau 5,64 persen, sedangkan pasangan nomor urut tiga Raja Usman-Zulkhainen meraih 14.341 suara atau 15,96 persen.

Meski perolehan suara ketiga pasangan calon sudah diketahui, penetapan pemenang pilkada yang seharusnya dilakukan hari ini, terpaksa ditunda karena pasangan nomor urut tiga mengajukan gugatan sengketa pilkada ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Penetapan pemenang pilkada kita tunda sampai proses hukum sengketa Pilkada di MK selesai,” kata Ahmad Sulton. (Antara)

Share this:

About admin

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG
Perbesar Huruf
Pilihan Warna Kontras