Breaking News

KPU Karimun selenggarakan FGD Evaluasi Pelaksanaan Pilkada

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2015. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2015 bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Karimun, Jl. A. Yani Tanjung Balai Karimun. Hadir dalam kegiatan ini seluruh Komisioner dan Jajaran Sekretariat KPU Karimun.

Dalam sambutannya, Ketua Divisi Teknis KPU Karimun menyampaikan bahwa Evaluasi suatu kegiatan sangat dibutuhkan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terjadi, menemukan solusi atas permasalahan tersebut, selanjutnya memberikan rekomendasi untuk perbaikan pelaksanaan kegiatan dimasa yang akan datang.

Hadir sebagai narasumber dalam FGD ini adalah kalangan Akademisi dari Universitas Karimun, Panwas Kabupaten Karimun, Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, dalam hal ini Dinas Dukcapil dan BPMD Kesbang Kabupaten Karimun, Pasangan Calon Peserta Pilkada, Partai Pengusung dan Tim Ses Pasangan Calon Peserta Pilkada.

Evaluasi yang dilaksanakan dengan menerima berbagai masukan dari narasumber terkait penyelenggaraan seluruh tahapan pilkada, yaitu tahapan perencanaan program dan anggaran, tahapan pembentukan Badan Ad Hoc, tahapan bimbingan Teknis, tahapan pencalonan, tahapan kampanye, tahapan pemungutan dan penghitungan suara, tahapan rekapitulasi dan penetapan calon terpilih.

Dalam FGD tersebut, Muhiri salah satu tim pemenangan calon peserta Pilkada 2015 menyatakan perlunya kerja keras KPU untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pemilihan, KPU dituntut untuk mampu menciptakan inovasi dalam sosialisasi, sehingga masyarakat memahami dan sadar akan pentingnya menggunakan hak pilih.

Sementara itu Panwas Kabupaten Karimun lebih menyoroti kinerja PPS dan KPPS dalam mendistribusikan formulir C6, hal ini perlu adanya suatu mekanisme yang lebih efektif, sehingga C6 dapat benar-benar sampai kepada pemiliknya jauh-jauh hari sehingga tidak rawan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Persoalan DPT juga mendapat sorotan yang serius dari para narasumber, diharapkan kedepannya sinkronisasi data antara pemerintah dan KPU dapat benar-benar dilaksanakan secara sempurna, mengingat masih ditemukannya persoalan DPT dalam Pilkada 2015, diharapkan sinkronisasi ini dapat mewujudkan “single data” yang dapat dipergunakan bersama dalam pemutakhiran DPT dimasa yang akan datang.

Selain itu seluruh narasumber juga memberikan apresiasi kepada KPU Karimun atas penyelenggaraan Pilkada yang dinilai cukup transparan dan memberikan ruang kepada seluruh stakeholder dalam mengakses informasi, dan untuk hal ini Panwas Kabupaten Karimun pun menilai bahwa jajaran KPU Karimun telah mampu membangun koordinasi yang baik dengan jajaran Panwas, sehingga tidak ditemukan lagi Rekomendasi atas pelanggaran yang dilakukan oleh jajaran KPU Karimun.
(Admin)

Share this:

About admin

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG
Perbesar Huruf
Pilihan Warna Kontras